Kendi Blora dan Poci Barongan Terpilih sebagai Juara Lomba Desain Peralatan Minum Kabupaten Blora







Setelah melalui berbagai tahapan Lomba Desain Peralatan Minum, Kabupaten Blora kini telah memiliki peralatan minum yang khas.

Diselenggarakan Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Dinporabudpar) Blora, Jawa Tengah, atas kerja sama dengan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dan Ademos, lomba tersebut memilih 2 karya dari puluhan karya yang dikirimkan peserta dari berbagai daerah.

"Karya tersebut adalah "Kendi Blora", yang didesain oleh Yuangga Kinata Agung Wilantaka, dan "Poci Barongan", karya desain oleh Naufal Zaky," demikian ujar Kepala Dinas Dinporabudpar Blora, Slamet Pajumi.

"Dua karya tersebut merepresentasikan Kabupaten Blora sebagai sebuah daerah yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah peradaban Jawa," jelasnya.

Kendi, sebagai peralatan minum khas orang Jawa, dan poci yang dipadu padankan dengan kesenian khas Blora serta jati sebagai komoditas unggulan Blora, telah menggambarkan bahwa Blora merupakan daerah yang kaya akan kesenian, kebudayaan, kekayaan alam, dan Sumber Daya Manusia (SDM)-nya yang kreatif.

"Dari kekayaan alam, kita ingin agar tetap terjaga dan lestari," imbuhnya.

Hal ini diamini sekretaris Ademos, A Shodiqurrosyad, bahwa salah satu latar belakang lomba ini adalah untuk membudayakan kembali penggunaan peralatan minum yang ramah lingkungan.

Dengan menggunakan peralatan minum yang ramah lingkungan, kita berharap dapat mengurangi penggunaan peralatan minum yang tidak ramah lingkungan.

"Seperti gelas plastik, botol, sterofoam, dan sejenisnya, yang sangat merusak lingkungan dan membutuhkan waktu lama untuk diurai," contoh Rosyad.

Selain itu, lanjut Rosyad, di Blora kan juga ada daerah yang dikenal sebagai penghasil keramik dan aneka produk tanah liat lainnya.

"Jadi karakteristik Blora sangat mendukung sekali untuk menggalakkan gerakan untuk mengurangi sampah plastik yang mencemari lingkungan," ujar Rosyad menjelaskan.

Sementara itu, Public Government Affairs ExxonMobil Cepu Limited, Hasti Asih, bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian ExxonMobil Cepu Limited kepada Kabupaten Blora.

Ia menambahkan bahwa melalui program ini EMCL berkomitmen terhadap kelestarian lingkungan dan mendukung penggunaaan tempat minum yang ramah lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar