Wisata Edukasi Keramik, Siapkan Ibu-ibu PPK sebagai pendamping Wisata



Blora - Jalan Desa Balong Kecamatan Jepon Kabupaten Blora, terlihat lengang. Namun, setelah melintas balai desa setempat, pada Selasa(16/07/2018) siang kemarin, terlihat beberapa ibu-ibu PKK sedang sibuk di griya keramik yang berada di antara rindangnya pohon bambu ang memayungi jalan. Ibu-ibu tersebut asyik menguleni tanah liat dan sesekali membasahi tangannya dengan air agar tidak lengket ditangan. Kegiatan tersebut adalah serangkaina dari pelatihan pembuatan keramik dengan tekhnik cetak.

Sebelumnya, Desa Balong Kecamatan Jepon memang terkenal sebagai desa gerabah, yang mana sebagian besar penduduknya adalah pembuat genting dan batu bata, namun sejak 2015 mulai merambah pembuatan souvenir ataupun barang-barang keramik. Setidaknya ada eman pengrajin keramin di desa tersebut yang tergabung dalam satu kelompok. Souvenir-souvenir tersebut cukup diminati oleh konsumen lokal, terKadang juga dibawa ke pameran di luar daerah, sehingga bisa menambah pengahasilan warga.

Sejak akhir 2018, Pemerintah Desa Balong bekerjasama dengan Ademos menggagas wisata edukasi keramik, sehingga keramik tidak hanya dijual setelah berbentuk barang jadi, namun para pembelijuga bisa merasakan sensasi pembuatan keramik tersebut. ternyata wisata edukasi ini sangat diminati, dalambeberapa bulan terakhir sering ada kunjungan baik dari intansi maupun sekolah yang mengajak murid-muridnya untuk berwisata membuat keramik di griya keramik Balong.

Ternyata dengan adanya wisata edukasi menumbulkan permasalahan lain, yaitu pengrajin kesulitan mengatur waktu antara membuat sendiri keramik atau mendampingi para peminat wisata edukasi tersebut, sehingga Ademos dan Pemerintah desa menggagas ulang untuk mengadakan pelatihan membuat keramik bagi ibu-ibu PKK yang kedepannya dipersiapakan sebagai pendamping wisata edukasi. Hal ini disambut antusias, setidaknya ada 10 peserta yang mengikuti pelatihan tersebut.

Selaku Kepala Desa Balong, Nyomo menyambut baik dengan adanya kerajinan keramik dan mendukung sepenuhnya upaya warga guna meningkatkan ekonomi bersama. Jadi selain genting dan bata yang sudah lama ada, keramik dan wisata edukasinya bisa menjadi ikon baru di Balong. "Kami mendukung sepenuhnya, termasuk jika akan dikembangkan lebih maju," jelasnya.

Sumber : ademosindonesia.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar